Review SteelSeries Arctis Prime

By Puput

Headset Terbaik dari SteelSeries

SteelSeries arctis prime adalah lini terbaru dari SteelSeries yang ditujukan untuk pro eSport player atau pemain game kompetitif. Mereka dengan bangga menggunakan tagline: “PROS HAVE WON MORE PRIZE MONEY USING STEELSERIES THAN ANY OTHER BRAND” yang berarti pemain pro memenangkan lebih banyak hadiah menggunakan produk SteelSeries dibandingkan menggunakan merk lain.

Dengan harga yang masih ramah di kantong, headset ini menawarkan fitur yang high-end. Apa saja kelebihannya? Langsung saja simak di bawah ini.

1.     Desain

Dari segi desain, bentuk headset Arctis Prime ini sama persis dengan pendahulunya yaitu Arctis Pro yang merupakan headset top of the line dari SteelSetries. Sedangkan seri Prime ini adalah bentuk light-nya.

Headset ini masih menggunakan kabel dan belum wireless. Jika budget terbatas memang lebih baik menggunakan headset kabel. Karena dengan budget yang sama kita bisa mendapatkan kualitas headset yang lebih baik.

2.     Audio Quality

Meskipun ini adalah seri light, tetapi dia punya dua kesamaan dengan seri pro yaitu audio quality untuk kompetitif gaming karena menggunakan audio driver yang sama dan juga untuk customization-nya.

Audio quality-nya sangat menarik karena menggunakan HiVi neodymium, sama dengan seri pro. Staging-nya luas, pin point suara di game FPS terasa super akurat. Player bisa mengenali letak dan jarak tiap musuh di dalam game menggunakan headset ini, bahkan hingga suara kecil seperti suara musuh re-load senjata di balik tembok atau suara langkah kaki di lorong.

Untuk low frequency-nya terasa agak diredam supaya tidak mengganggu fokus untuk mendengarkan pergerakan musuh. Tetapi, ada kekurangan yaitu di bagian high frequency-nya agak sakit di telinga.

3.     Customization

Headset ini punya fitur bisa dilepas speaker plate-nya dan diganti dengan jenis lain. Untuk headband-nya menggunakan jenis ski google headband yang modelnya elastis dan mudah di-adjust di kepala.

Headband-nya juga bisa dilepas dan di-custom sesuka hati. Sayangnya headband jenis seperti ini yang bisa mentok di kepala akan membuat pemakainya cepat lelah jika menggunakannya dalam waktu lama.

Ear cup-nya juga bisa dilepas dan di-custom. Ini pastinya sangat membantu untuk kita meng-upgrade ear cup ketika sudah rusak akibat dipakai dalam jangka waktu lama.

4.     Build Quality

SteelSeries Arctis Prime ini dibuat dengan bahan yang kokoh, aluminium alloy untuk headrest-nya yang tahan dari tarikan dan twist yang ekstrim. Housing-nya menggunakan plastik solid.

Di bagian kiri ada beberapa tombol dan connectivity yang secara positioning juga nyaman. Paling belakang ada mic mute button on dan off, slider volume, port untuk kabel utama berjenis micro USB 8 pin to 3.5 mm yang hampir kompatibel ke semua jenis device seperti konsol dan PC.

Kemudian ada headphone share jack untuk sharing input audio yang ada di semua Arctis series. Terakhir ada retractable microphone dengan teknologi clear case atau noise cancellation yang membantu meredam suara bising.

5.     Mic

Mic-nya sudah mendapat sertifikat dari discord. Hasil suaranya clear dan bisa meredam noise dengan baik berkat fitur noise cancellation-nya.

6.     Fungsionalitas

Untuk mendengarkan musik dan nonton film, headset ini kurang cocok karena bass atau low frequency-nya diredam demi kepentingan selama bermain game. Suara vokal jadi lebih dominan dan terasa menutupi instrumen.

7.     Harga

Dengan harga 1.65 jutaan dan satu pilihan warna yaitu hitam, harga SteelSeries Arctis Prime ini sangat reasonable karena sudah bisa mendapatkan kualitas audio yang baik untuk kompetitif gaming.